Dari Lidi Ke Ujung Negeri

Administrator 25 Maret 2019 16:04:02 WIB

Miswadi

22/03/2019

 

     RAMPAH ESTATE,- Seiring semakin banyak nya lahan yang tidak dipakai, banyak perusahaan-perusahaan membuka lahan perkebunan sehingga dapat membantu kesejahteraan masyarakat disekitarnya.

     Terkhususnya di Desa Rampah Estate Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai, yang pada dasarnya adalah Desa Perkebunan. Maka banyak masyarakatnya memanfaatkan limbah hasil perkebunan ( lidi ) menjadi karya seni yang bermanfaat bagi orang lain.

     Ibu Sumianum (48) contohnya, yang suaminya bekerja sebagai karyawan panen pada pagi hari hingga siang hari lalu dilanjutkan pada sore harinya ibu Sumianum bersama suami nya mencari lidi, selepas itu lidi-lidi tersebut kemudian akan dirangkai menjadi sebuah sapu yang biasa orang sebut sapu lidi.

     “ Dari hasil menjual sapu lidi yang telah saya buat, sedikit demi sedikit dapat membantu perekonomian keluarga saya”, ujar ibu Sumianum ketika kami kunjungi kerumah nya di Dusun II Desa Rampah Estate, Jum’at ( 22/03/2019 ).

     Bukan hanya ibu Sumianum yang merasakan manfaat dari hasil mencari lidi tersebut, namun beberapa warga di Desa Rampah Estate pun merasakan manfaat yang sama. Terlebih lagi  hampir semua ibu rumah tangga di Desa Rampah Estate tidak memiliki kegiatan apapun dirumah, lalu dengan adanya kegiatan memanfaatkan hasil limbah perkebunan tersebut sedikit demi sedikit para ibu-ibu di Desa Rampah Estate memiliki kegiatan dan mendapatkan penghasilan lebih untuk kebutuhan sehari-hari.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Rampah Estate

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung